Bentrok Antar Mahasiswa, Semakin Memperburuk Citra Mahasiswa

Dalam berita di semua saluran televisi semua serempak menayangkan aksi perkelahian antara Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik di Universitas Sam Ratulangi-Sulawesi Utara. Bentrokan bermula aksi unjuk rasa para mahasiswa menuntut penggantian Pejabat Rektor Universitas yang dianggap tidak mampu memperjuangkan hasil Rapat Senat untuk penyaringan Rektor periode mendatang. Namun selesai melakukan aksi Unjuk rasa para kelompok Demonstran melewati Fakultas teknik dan beberapa oknum diantaranya melempari Fakultas tersebut dengan batu, merasa mereka tidak terima dihujani batu maka mereka (Mahasiswa Fakultas Teknik) membalasnya, dan ajang saling lempar batu pun tak terhindarkan.

Ditempat lain masih didaerah Sulawesi Tawuran antarmahasiswa di Kampus Universitas Hasanuddin, Makassar- Sulawesi Selatan terjadi pada hari Selasa (26/2) siang waktu setempat. Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) saling lempar batu dengan gabungan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FISIP).

Tawuran diduga akibat seorang Mahasiswa Fakultas Teknik dipukuli Mahasiswa Fakultas lainnya. Rekan-rekan korban terpancing sehingga tawuran massal selama kurang lebih dua jam terjadi. Tawuran berakhir setelah polisi bersama pejabat rektorat datang menghentikan aksi.

Jelas sudah makin banyak aski tawuran antar Mahasiswa akhir-akhir ini dan semakin memperburuk status Kaum Intelektual sebagai kaum terpelajar, dimana seharusnya mereka (Kaum Mahasiswa) akan menjadi Generasi Penerus Bangsa, dan bagaimana dapat menaruh kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kaum pelajar yang mempunyai jiwa kritis. Pada kejadian ini masih baguskah citra Mahasiswa Indonesia dimata masyarakat luas??

Lalu bagaimana sikap Pemerintah serta MENDIKBUD menghadapi persoalan ini?

Mau dibawa kemanakah masa depan Bangsa ini, apabila semua Mahasiswa dengan mudah dapat terprovokasi oleh segelintir oknum?

Masih ingatkah mereka sebagai kaum Intelektual menjadi panutan Rakyat pada masa jaman Arief Rachman Hakim angkatan 1966 dan masa Reformasi 1998?

 

One Response to Bentrok Antar Mahasiswa, Semakin Memperburuk Citra Mahasiswa

  1. Yana says:

    Ya ya!
    Perbuatan yg konyol.
    Sama satu almamater aja bisa berantem apalagi sama orang lain.

    Bukannya memperkuat persaudaraan kok malah bikin perpecahan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: