BBM Tinggi, Rakyat Makan Hati

Harga minyak dunia terus melambung Jika harga bahan bakar minyak (BBM) tak dinaikkan, anggaran pemerintah bakal jebol, Pembangunan di banyak bidang macet. Lalu, terbit pengumuman bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) akan dinaikkan, Padahal Pemilu 2009 tak lama lagi.

Berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2008, maka harga premium kemungkinan naik dari Rp 4.500 menjadi Rp 6.000/Liter. Sementara solar naik dari Rp 4.300 menjadi sekitar Rp 5.000/Liter, sedangkan harga minyak tanah subsidi diperkirakan tidak naik.

Presiden Yudhoyono sebetulnya telah berupaya maksimal untuk tidak menaikkan harga BBM, seperti tercermin dalam pidatonya awal Maret 2008. Namun, harga minyak mentah dunia yang terus meroket membuat opsi terakhir, yaitu menaikkan harga BBM, harus diambil pemerintah. Asumsi harga minyak dunia dalam APBN 2008 adalah US$ 95 per barel. Padahal, harga minyak di pasar dunia saat ini US$ 117 per barel. Itu berarti subsidi harus ditambah lebih dari Rp 19 triliun.

Walau demikian, kenaikan harga BBM tetap akan berimbas pada kehidupan masyarakat karena akan mendongkrak berbagai kebutuhan hidup. DPR pun tetap menyetujui rencana ini meski hal itu dianggap tidak tepat. Namun, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjelaskan, untuk meringankan beban masyarakat menghadapi kenaikan harga BBM, pemerintah menyiapkan skema bantuan langsung tunai yang disempurnakan atau disebut BLT Plus. Namun, kalangan ekonomi lemah justru merasa bantuan semacam itu tidak memadai.

sementara untuk sektor Industri atau Usaha Kecil dan Menengah ini akan sangat berimbas langsung dengan jumlah produksi dan daya beli didalam masyarakat. Sebab, selama ini BBM industri tidak disubsidi dan sudah biasa disesuaikan setiap dua minggu oleh Pertamina, mengikuti kenaikan minyak mentah dunia.

Bagaimana Nasib Perputaran roda ekonomi dan Nasib Bangsa Indonesia nantinya.. ? ? ? semua tergantung generasi Penerus.. apakah kita akan tetap sebagai negara Penghasil tanpa bisa mengolah… ? ? ? atau kita sebagai Bangsa Penghasil namun juga sanggup mengolah…? ? ?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: