Seni Alat Musik Angklung

Dalam pementasannya, seni angklung memerlukan personal yang banyak. Alat musiknya terbuat dari bambu di mana penggunaannya dengan cara digoyangkan. Dengan begitu alat musik tersebut akan mengeluarkan bunyi nyaring yang sangat khas.

Bentuk angklung terdiri dari dua batang bambu dalam berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan tinggi rendahnya nada – yang dibentuk menyerupai alat musik calung. Hanya saja, perolehan bunyi angklung tidaklah dipukul seperti halnya seni calung, melainkan digoyangkan agar sentuhan antarunsur dalam tubuh angklung tersebut mampu mengeluarkan sebuah nada.

Angklung yang berkembang sekarang adalah angklung dalam nada diatonis, yakni angklung yang dikembangkan oleh seniman Daeng Soetigna. Karenanya, nama Daeng Soetigna untuk khazanah karawitan Sunda dikenap sebagai Bapak Angklung Diatonis Kromatis, yakni seniman yang merintis perubahan angklung bernada pentatonik (da-mi-na-ti-la-da, dalam laras Salendro) seperti yang berkembang di daerah Banten seperti Pandeglang dan Serang ke dalam nada diatonis. Di daerah Banten seni angklung pentatonik ini lebih dikenal dengan seni angklung gubrag, angklung sered, atau angklung buncis.

Dalam perkembangan terakhir seni angklung (diatonis) menjadi seni yang cukup popular, dan memiliki tempat yang cukup baik di masyarakat, terutama kalangan menengah ke atas. Seni ini dalam bentuk prakteknya berbentuk sebuah orkestra (antara 30 hingga 60 personal) yang biasa dikonsumsi oleh para pejabat pemerintahan atau dalam pernyambutan tamu kedinasan dari dalam dan luar negeri. Karenanya, tak heran jika seni ini termasuk salah satu seni yang kerap tampil di istana kenegaraan.

http://www.bandungtourism.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: